,,,

bismaillahirrahmannirahhim,,,
semoga yang ada di sini, brmanfaat untuk all of u my readers...

piss....

piss....
piss itu menandakan cinta damai gan,,,

Selasa, 16 Maret 2010

resume perkuliahan,,

STUDI KELAYAKAN

Layak disini maksudnya tepat, dan pantas. Studi kelayakan dipergunakan jika kita ingin memulai suatu usaha yang baru, usaha yang akan kita bangun anntinya, apakah studi kelayakan itu sendiri ??
Studi kelayakan / feusibility study adalah, suatu kegiatan pengamatan dan di analisis secara komprehensif. Komprehensif disini meliputi :
1. Manajerial (internal) :
- Fungsi (POAC)
- Elemen (siswa, guru, kurikulum, sarana, prasarana, pembiayaan, marketing.
2. Faktor-faktor eksternal, meliputi hal-hal yang menyangkut / berasal dari luar, dimana ada ahal-hal yang harus kita perhatikan untuk faktor eksternal, seperti :
- Peluang, peluang atau kesempatan yang ada, harus kita perhatikan dan digunakan sebaiknya.
- Ancaman, hambatan dan ancaman yang datang, dapat menggoyahkan pertahanan usaha kita, bagaimana caranya kita harus bisa menghadapi ancaman yang dateng.
Dimana diantara peluang dan ancaman perlu diperhatikan untuk melihat para pesaing kita , yang nanatinya dapat berpengaruh kedalam usaha kita.
Dapat di artikan pula tentang definisi studi kelayakan adalah, suatu kegiatan / aktivitas pengamatan yang nanatinya di analisis secara komprehensifm, dimana komprehensif meliputi faktor internal dan faktor eksternal.
Dalam hal ini diperlukan suatu triset, dimana riset etersebut haruslah menggunakan metode-metode ilmiah dengan menggunakan data yang valid, serta metodologi yang sistematis.

KOMPONEN BISNIS
Komponen bisnis dapag di gambarkan dengan bagan di bawah ini...







Nb : dari gamabr di atas dapat kita liat, adanya hubungan anatara P1,p2,p3 dimana di antara 3 komponen tersebut di pengaruhi oleh p4. Setiap komponen akan dijelaskan di bawah ini.
P1 > Pasar
Di dalam bisnis lahan utama ialahg pasar, dimana kita menawarka apa yang dibuituhkan konsumen, dan di minati oleh konsumen. Didalam pasar, ada hal-hal yang harus diperhatikanmisalnya:
- Demand VS Supply
Adanya hubungan antara permintaan dengan penawaran, pemintaan dan penawaran berhubungan kangsung dengan harga. Misalanya jika penawaran naik, maka harga turun, dan jika permintaan naik, maka harga juga naik.
- Daya beli
Sesuatu yang kita tawarkan kepada konsumen haruslah mempunyai daya beli, jadi tidaklah sia-sia dengan apa yang sudah kita usahakan.
- Marketing mix :
1. Products
- massive, menyangkut masalah besarnya atau banyaknya sesuatu yang akan kita produksi
- ekslusif, menyangkut keterbatasan sesuatu yang akan kita produksi atau kita tawarkan
- suplemen, sebagai inti atau utamakah barang yang kita tawarkan
2. price
- unit cost
- break event point
- strategi harga, harga yang di buat haruslah sesuai dengan :
a. persaingan umum
b. penetrasi
c. S,T,P
3. Place
Tempat yang nantinya kita putuskan jangan lah asal memilih tempat, tapi harus diperhatika dari segi :
a. Harga, apakah tempat tersebut meringankan atau mlah memberatkan anggaran kita
b. Aksesbilitas, hal ini sangat penting dalam penempatan karena tempat yang nantinya akan kita pilih haruslah bisa di akses dari szegala arah dan penjuru.
4. Promotion
Promosi itu penting, untuk memeperkenalkan apa yang ingin kita tawarakan kepada konsumen atau pelanggan. Bermacam-macam cara untuk melakukan promosi, seperti melalui :
1. Media cetak
2. Media elektronik
3. Media visual
4. Personal sale
5. Public Relation
Hampir sama dengan promosi, ahanya saja PR ini berfungsi untuk melaukan komunikasi dengan pihak luar.
6. Power
Kekuatan sangat penting dalam suatu bisnis, untuk menentukan hal yang besar ataupun kecil.
P2 >> Perusahaan / company
Dalam hal ini yang menyangkut perusahaan adalah :
1. Capitalisasi
Modal yang ada biasanya diperoleh bisa dari modal pribadi, dari Bank, burs saham, ataupun investas-investasi lainnya.
2. SDM
Bial bicara tentang SDM kita hatrus melihat akan kuantitas dan kualitas yag ada dalam urusan bisnis kita.
3. Visi bisnis
Apa yang menjadi visi bisnis kita, haruslah dicermati. Dengan melakukan peneyesuaian, penyeimbang, dan melakukan suatu pembedaan dengan yang ada.
4. Organisasi / struktur organisasi
Struktur organisasi sangat diperlukan dalam usaha bisnis.

P3 >> Pesaing
Dalam hal ini pesaing mempunyai hubungan dengan kondisi pasara, marketing Riset juga berpengaruh, dimana marketing riset itu sendiri meliputi :
- Demand
Permintaan sangat perlu diperhatikan dalam kondisi pasar, naik atau turunnya permintaan sanbgat berpengaru untuk kondisi pasar.
- Metode ilmiah
Menggunakan metode-metode ilmiah yang telah ditetapkan sebelumnya. Tidak boleh melenceng,
- Valid
Haruslah menggunakan data-data yang valid, dalam melihat atau menganalisis kondisi pasar.
- Marketing intelek, spionase.
P4 >> Perubahan
Perubahan yang dimaksud, baik kita yang mengikuti perubahan atau kita sendiri yang menciptakan perubahan. Hal itu tidak adanay bedanya, yang penting ada nya rasio antara keadaan sekarang, dengan keadaan sebelumnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam melihat kondisi pasar yaitu :
1. Timing,,
2. Terbuka

STUDI KELAYAKAN
PLANNING :
Dalam planning, ada hal yang perlu doi perhatikan, seperti :
1. Visi dan misi
Visi apa yang ingin kita capai, dan denga misi apa dapat kita capai visi tersebut, bagaiamana caranya. Misi merupakan bentuk realisasi dari visi, dimana ada beberapa kegiatan yang perlu kita laksanakan dalam pencapaian visi tersebut.
2. SWOT
Analisis masalah lingkunagninternal dan eksternal, mengetahui seluk buluh kekurangan serta kelebihan dari kita, dan bagaimana kita mengunakan itu semua.
3. Pembagian tugas
Jobdes dan tanggung jawab diperlukan untuk mencapai suatu tujuan,. Tentunya dengan garis-garis yang jelas. Untuk siapa dana paa yang ia kerjakan.
4. Jadual waktu
Mengatur waktu untuk efektifan sepauay berjalan sesuai rencana,
FORECASTING (PERAMALAN)
Peramalan haus lah menggunakan data yang valid, agar nantinya tidak terjadi kesalahn dalam meramal kejadian yang akan datang. Peramalan sangat diperlukan kalau kita inginmemebangun sesuatu, bagaiamanakah nantinya apa yang kita bangun ini. Tentunnya peramalan ini dilakukan secara komprehensif. Dcazn tidak menggunakan rumus ceteris paribus. Selain itu menentukan skala prioritas dalam peramalan.
INFORMATION (INFORMASI)
Informasi yang harus kita dpatkan seperti informasi tentang :
1. Investor (pendana)
Invesrtor yang terbagi atas 2; provit >> yang semata-mata mencari keuntungan, dan sosial >> tidak bersifat komersil.
2. Kreditor
Tidak semua perusaan atu yayasan melakukan pengadaan dengan cash atau di bayar di muka, tetapi ada juga yng bersifat kresit, baik tu kredit besar maupun kredit kecil. Justru menurut pandangan bisnis, perusahaan atau yayasan yang melakukan kredit, leboih kaya dan dipercaya daripada yang tidak.
3. Manajemen
Bagaimana kita mengatur, mengelola??
Yang kita atur adalah waktu (schedule), dan pengadaan berbagai sumber yang nanatinya diperlukan dalam pembangunan, seperti : SDM, sarana, dan biaya.
EVALUASI
Evaluasi pada dasarnya hanya menjadi evaluator dari program-program yang telah ada, tidak menambahkan, hanay meluruskan dan memeperbaiki mana-mana yang dianggap dapat menimbulkan masalah naantinya. Evaluasi ini cendrrung untuk menghasilkan jawaban IYA / TIDAK. Yang mempunyai ruang lingkup dan berhubungandengan resiko, karena ini menyangkut sebagai sebuah keputusan kecil, dan financial / pembiayaan.
RESEARCH
Penelitian dengan menggunakan metode ilmiah, dan tidak boleh melenceng dari apa yang ada. Menggunakan data-datan yang valid dan etika yang benar dan tepat.

PERBEDAAN BARANG DAN JASA
GOODS SERVICES
Tangible Untangible
Mudah di sesuaikan Tidak mudah u/ disesuaikan
Di buat >> di Jual Di jual >> di Buat
bisa di simpan, dikembalikan jika tidk cocok atau rusak Tidak dapat di simpan, dan dikemblikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar