a) Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatannya menjual jasa dalam bidang berbagai pelayanan yang memberikan kemudahan,kenyamanan bagi masyarakat yang memerlukannya.
Karakteristik perusahaan jasa :
· Ketidakberwujudan( intangibility) : jasa biasanya tidak dapat didentifikasi secara fisik sehingga tidak dapat disimpan dan harus segera dikonsumsi pada saat diperoleh
· Ketakterpisahkan(inseparability) : keterlibatan konsumen tidak dapat dipisahkan dari jasa yang harus diberikan dan dalam hal tertentu konsumen lain juga terlibat dalam menikmati jasa ,misal bioskop
· Keanekaragaman( heterogenity) : jenis dan kualitas layanan berbeda –beda untuk tiap konsumen sehingga sulit distandarisasikan kegiatan layanannya ,misal jasa rumah sakit
· Keterlenyapan( perishability) : manfaat mereka pada jasa akan habis /lenyap dengan cepat sehingga konsumsi jasa akan dilakukan konsumen secara berulang. Misal jasa cuci mobil.
Jenis jasa | Bidang usaha |
komunikasi | Perusahaan telepon, station TV,radio |
profesi | Akuntan,klinik bersalin |
hiburan | Bioskop, taman hiburan, kebun binatang |
Tempat tinggal | Hotel,asrama, guest house |
Keahlian perorangan | Salon kecantikan, penjahit, studio foto |
pertanggungan | asuransi |
b) Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang jadi dan menjual kembali tanpa melakukan pengolahan kembali tanpa mengolah sifat produk tersebut. Seandainya melakukan pengolahan hanya pengemasan kembali, pemberian label,pembungkusan.
Contohnya : dealer, toko-toko kelontong, shopping mall, toko swalayan
Karakteristik adalah
· Melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dagang baik secara tunai maupun kredit
· Melakukan penyimpanan barang dagang setelah pembelian dan sebelum barang dagang laku terjual
· Melakukan transaksi retur pembelian/retur penjualan bila diperlukan
· Melakukan transaksi pelunasan/pembayaran utang dan penerimaan piutang dagang yang telah terjadi
· Kegiatannya berupa :
Pembelian | Membeli berbagai macam produk di berbagai pamasokan |
pemasaran | Mempromosi produk tersebut ke pembeli /konsumen yang potensial |
penganekaragaman | Menyediakan berbagai macam produk untuk memenuhi kebutuhan dan selera konsumen |
pendanaan | Menyediakan fasilitas kredit untuk konsumen potenstial agar dapat mendorong terjadinya transaksi |
Penyimpanan | Menyediakan dan melindungi produk untuk melayani kebutuhan konsumen secara lebih baik dan potensial |
penyortiran | Membeli barang atau produk secara borongan kemudian memilih dan memecah menjadi unit |
Penyeleksian kualitas | Membeli barang /produk secara borongan kemudian menyeleksi kualitas dan membungkus serta memberi label sesuai kualitas |
pengangkutan | Memindahkan barang secara fisik dari prousen ke konsumen akhir |
Penyediaan informasi pasar | Menyampaikan informasi pasar yang diperlukan oleh pembuat produk seperti volume penjualan harapan |
Penaggungan resiko | Menyerap usaha khususnya yang berkaitan dengan penyimpanan dan keuangan produk |
c) Perusahaan manufaktur(pabrik) adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku kemudian menjual barang jadi tersebut.
Contoh pabrik sepatu,pabrik roti
Karakteristiknya :
· Dalam kegiatan manufaktur terdiri dari produksi, pemasaran da administratif/umum.
· Adanya bagian yang disebut dengan pabrik yang merupakan fungsi/kegiatan tambahan yang terdapat dalam perusahaan manufaktur
Dari ketiga jenis perusahaan tersebut yang bergerak di ketiga bidang tersebut adalah perusahaan honda atau toyota mobil
Daftar pustaka :
Soemarsono.Akuntansi suatu pengantar.jakarta : salemba.2004
Suwardjono. Pengantar akuntansi.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar